Inilah Algoritma Google Mobile Yang Harus Anda Ketahui


Google sekali lagi mengubah lanskap mesin pencari dengan pembaruan algoritma terbaru untuk situs mobile-friendly. Pembaruan ini, diluncurkan pada 21 April, dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menanggapi penggunaan meroket dari perangkat mobile untuk mengakses Web.
Pembaruan memberikan sebuah website " keramahanmobile" sebagai faktor kunci dalam  peringkat.Oleh karena itu situs yang tidak mobile dioptimalkan bisa jatuh dalam hasil pencarian Google.
Industri profesional mengacu pada pembaruan sebagai "Mobilegeddon," seperti yang diantisipasi untuk mempengaruhi sejumlah besar situs di Internet.
Menurut sebuah studi oleh SumAll, lebih dari  dua pertiga dari perusahaan Fortune 100 tidak dianggap seluler.Efek dari update ini bisa menjadi bencana besar bagi banyak perusahaan, sangat mengganggu lalu lintas situs web mereka.

Mengapa Mobile-Friendly, mengapa sekarang?

. Untuk memulai, mari kita memberikan beberapa latar belakang pada update algoritma Menurut Google , pembaruan algoritma ini dibuat dalam upaya untuk menyediakan pengguna dengan hasil terbaik: "pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan yang relevan, berkualitas tinggi hasil pencarian yang dioptimalkan untuk perangkat mereka. "tujuan Google dalam meningkatkan peringkat halaman seluler pada perangkat mobile, menurut blog Pusat Webmaster mereka, adalah bahwa" pencari dapat lebih mudah menemukan berkualitas tinggi dan hasil yang relevan di mana teks dapat dibaca tanpa mengetuk atau zoom , target ketuk spasi tepat, dan halaman menghindari konten tidak bisa dimainkan atau horisontal bergulir. "
Fokusnya adalah pada perangkat mobile karena pertumbuhan eksponensial teknologi mobile. The International Data Corporation, penyedia intelijen pasar, melaporkan bahwa 1,3 miliar smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia pada tahun 2014, naik 28% dibandingkan tahun sebelumnya. Cari pada perangkat mobile melampaui pencarian desktop sepuluh kali lipat.
Neil Patel dari Search Engine Land melihat update ini sebagai salah satu peluncuran paling signifikan Google telah membuat. "Sudah, kita tahu bahwa update ini akan lebih besar dari Panda atau Penguin. Kita juga tahu bahwa Google menganggap ponsel menjadi begitu signifikan bahwa mereka bekerja untuk mendominasi hampir semua manifestasinya. Dengan pembaruan pencarian ini, kita harus menguatkan diri untuk penyesuaian tektonik di jalan yang berfungsi pencarian mobile. "
Jadi bagaimana Google mengetahui perbedaan antara situs web seluler dan situs yang tidak?

Bagaimana Algoritma Bekerja?

Menurut Search Engine Land, laba-laba mesin pencari Google akan memindai setiap halaman, memeriksa waktu loading, desain responsif dan praktik terbaik menuju situs mobile. Mereka akan mencari unsur-unsur kegunaan seperti teks besar, link dengan mudah dapat diklik, dan ukuran optimal yang sesuai dengan layar perangkat mobile yang lebih kecil. Situs tanpa elemen ini akan diturunkan dalam peringkat dan dapat mengharapkan penurunan lalu lintas mobile.

Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Jadi bagaimana pemilik website bertahan hidup di dunia pasca-mobile-friendly-algoritma? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan segera:
  • Tidak yakin apakah Anda memiliki situs seluler? Gunakan Google Ramah Uji Ponsel untuk mengetahui apakah Anda memerlukan retrofit responsif untuk website Anda. Anda dapat menggunakan checklist desain web kami, juga.
  • Gunakan desain responsif bila memungkinkan.  Desain responsif adalah metode pengembangan yang disukai oleh Google, sebagai lawan desain adaptif dan situs mobile.
  • Hindari Flash. Jika Anda menggunakan Flash di situs Anda, itu tidak akan didukung pada perangkat mobile.Google akan menghukum situs yang menggunakannya.
  • Jika Anda tidak dapat menyelesaikan seluruh situs responsif retrofit, pertimbangkan berfokus pada homepage dan halaman utama lainnya. Pembaruan memindai halaman situs dengan halaman, jadi jika beberapa halaman Anda yang mobile ramah, seluruh situs tidak akan dikenakan sanksi untuk menjadi benar-benar responsif.
Google Webmaster Blog juga telah menciptakan FAQ di topik ini, termasuk ini, yang membahas beberapa lama dipegang keyakinan yang mungkin tidak benar:
Akan situs saya / halaman hilang pada hasil pencarian mobile jika tidak ramah seluler?
Sementara perubahan seluler penting, kita masih menggunakan berbagai sinyal untuk menentukan peringkat hasil pencarian. Maksud dari permintaan pencarian masih sinyal yang sangat kuat - bahkan jika halaman dengan konten berkualitas tinggi tidak ramah seluler, masih bisa peringkat tinggi jika memiliki konten yang besar untuk query.
Bagaimana jika pemirsa saya adalah desktop yang hanya? Maka tidak ada alasan untuk memiliki situs mobile, kan?
Tidak persis. Statistik menunjukkan bahwa lebih banyak orang akan "mobile hanya" - baik karena mereka tidak pernah memiliki desktop atau karena mereka tidak akan menggantikan desktop mereka yang ada.Selain itu, situs non-seluler mungkin tidak melihat banyak pengunjung seluler justru karena alasan itu.
Update seluler akan berlaku untuk penelusuran seluler yang dilakukan di seluruh situs, terlepas dari bahasa, wilayah, atau proporsi situs khalayak target 'dari mobile untuk lalu lintas desktop.

Kesimpulan: Jadilah Mobile-Friendly

Update algoritma terbaru Google adalah pengembangan yang paling penting dalam pencarian organik dan SEO sejak Panda dan Penguin. Perusahaan dengan website yang tidak ramah seluler harus bekerja menuju desain website sepenuhnya responsif untuk menjaga dengan perubahan kebiasaan pencarian oleh pengguna internet.
Sekian tutorial tentang Inilah  Algoritma Google Mobile Yang Harus Anda Ketahui...
LihatTutupKomentar